Aksara Jawa HA-NA-CA-RA-KA

Posted by Moeclazh Favian Kamis, 03 Oktober 2013 0 komentar
Hanacaraka yang juga dikenal sebagai tulisan Jawa, yaitu suku kata yang digunakan oleh orang Jawa pada zaman dahulu untuk berkomunikasi secara tulis.  Tulisan ini juga digunakan di Bali, Sunda dan Madura. Tulisan ini berasal dari tulisan kawi yang mempunyai asal-usul dari tulisan Brahmi di India. Abjad Jawa dikaitkan dengan Hanacaraka, yaitu sebuah legenda mengenai dua orang pahlawan bernama Dora dan Sambada yang bertarung, keduanya adalah hamba Raja Aji Saka yang berasal dari India dan membawa kebudayaan ke Jawa. Tulisan ini dinamakan Hanacaraka karena lima huruf awalnya membentuk bacaan “ha-na-ca-ra-ka”. Dalam tulisan ini terdapat 20 huruf dalam abjad Jawa yang disingkatkan menjadi “hana caraka, data sawala, padha jayanya, maga bathanga”.

Hanacaraka memiliki arti “ada utusan” yakni utusan hidup, berupa nafas yang wajib mempersatukan jiwa dengan jasad manusia. Ungkapan tersebut memiliki makna bahwa di dunia ini ada yang mempercayakan, ada yang dipercaya, dan ada yang dipercaya untuk bekerja. Ketiga unsure ini meliputi Tuhan, manusia, dan kewajiban manusia (sebagai ciptaan Tuhan).

Setiap suku dari kata datasawala juga memiliki arti tersendiri, data memiliki arti “manusia setelah diciptakan”, sawala memiliki arti “saatnya (dipanggil)”, sehingga datasawala dapat diartikan “manusia harus bersedia melaksanakan, menerima dan menjalankan kehendak tuhan”.

Padhajayanya memiliki arti “menyatunya zat pemberi hidup (Khalik) dengan yang diberi hidup (segala makhluk). Dan yang terakhir magabathanga yang memiliki arti “menerima segala perintah dan menjauhi larangan dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Ungkapan tersebut maksudnya untuk menjelaskan bahwa manusia harus pasrah, sumarah pada garis kodrat, meskipun manusia diberi hak untuk mewiradat, berusaha untuk menanggulanginya.

ARTIKEL TERKAIT:

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Aksara Jawa HA-NA-CA-RA-KA
Ditulis oleh Moeclazh Favian
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://moeclazh.blogspot.com/2013/10/aksara-jawa-ha-na-ca-ra-ka.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi Informasi | Copyright of moeclazh.blogspot.com.