Tips Merawat Buku

Posted by Moeclazh Favian Selasa, 01 Oktober 2013 0 komentar

Buku merupakan gudang ilmu, namun sayangnya Anda sering sekali lalai terhadap barang yang banyak sekali memberikan informasi ini. Memang terlihat sepele, namun jika tidak dirawat dapat menyebabkan kondisi buku rusak bahkan tidak dapat dibaca. Jika sudah begitu, maka yang akan rugi kita juga. Nah, sebelum kejadian itu menimpa anda sebaiknya sesegera mungkin melakukan langkah-langkah perawatan buku yaitu dengan:

1.  Dengan sedikit tindakan yaitu disampul maka buku akan jadi terlihat bersih walaupun buku tersebut sudah lama. Sampul yang digunakan sebaiknya menggunakan plastik bening agar cover bukunya terlihat. Yang harus Anda perhatikan adalah jangan terlalu ketat pada saat menyampul buku, karena dihawatirkan membuat cover buku terlipat jika buku sering dibuka.

2.  Pastikan tempat buku tidak lembab dan memiliki sirkulasi udara yang memadai. Untuk mendapatkan udara yang cukup, tempat buku harus memiliki jendela atau lubang keluar-masuk udara secara cukup.

3.  Jangan biarkan debu mengotori buku Anda. Cara membersihkannya pun cukup mudah, anda dapat menggunakan kemoceng atau lap basah jika buku menggunakan cover plastik.

4.  Jangan pernah menyusun buku dengan ditumpuk, karena bisa merusak jilid buku dan covernya. Sebaiknya Anda menyusunnya dengan berdiri menggunakan pembatas rak yang banyak di jual dipasaran. Trik lainnya adalah dengan menyusun berdasarkan klasifikasi supaya mudah untuk dicari.

5.  Untuk menandai batas membaca, sering sekali kita melipat buku. Namun ternyata ini adalah tindakan salah karena bisa merusak kertas. Jadi sebaiknya gunakanlah pembatas buku jika Anda ingin menandai buku. Banyak model dan benda yang dapat dipergunakan sebagai pembatas buku seperti kartu nama, karton atau apapun yang berbentuk tipis.

6.  Jangan simpan buku di dekat lantai namun juga tidak di anjurkan untuk menaruhnya di rak paling atas karena hal tersebut akan merepotkan Anda sendiri. Pilihlah tempat di bagian tengah rak sehingga buku enak dilihat dan mudah dijangkau.

7.  Lakukan rotasi posisi buku setiap dua pekan sekali. Jika memungkinkan keluarkanlah buku-buku dari lemari dan letakan selama sehari di luar lemari. Bisa di atas meja atau di ruang terbuka yang tidak lembab.

8.  Kertas dalam buku merupakan tempat ideal bagi rayap untuk berkembang biak. Untuk itu sebaiknya Anda melakukan tindakan pencegahan dengan menaburi kapur barus atau bubuk cengkeh di rak buku agar terhindar dari serangan rayap.

ARTIKEL TERKAIT:

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tips Merawat Buku
Ditulis oleh Moeclazh Favian
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://moeclazh.blogspot.com/2013/10/tips-merawat-buku.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi Informasi | Copyright of moeclazh.blogspot.com.