Sejarah Permainan Rubik

Posted by Moeclazh Favian Senin, 16 Desember 2013 0 komentar
Permainan yang satu ini cukup melatih kecerdasan dan kesabaran. Bagaimana tidak ada, beberapa rumus matematika yang terdapat dalam permainan ini, tapi jika kalian sudah tau rumusnya kalian bisa menyelesaikan permainan ini. Permainan yang berbentuk kotak dengan 6 bagian yang berbeda warnanya. Permainan rubik adalah permainan yang cukup populer, anak-anak sampai orang dewasa banyak yang tertantang dengan permainan ini. Rubik adalah salah satu jenis permainan yang diyakini bisa meningkatkan IQ atau kecerdasan otak, meski relatif baru di Indonesia ternyata rubik sudah diciptakan sejak 30 tahun lalu.

Rubik adalah games puzzle berbentuk kubus yang punya enam sisi warna berbeda. Masing-masing sisinya memiliki 9 persegi (ada juga yang 16 persegi). Permainan ini diciptakan oleh seorang seniman Emo Rubik dari Budapest sekitar tahun 1974, kemudian menjadi populer dan mendunia.

Sebuah rubik mempunyai 43.252.003.274.489.856.000 atau sekitar 43 quintillion (miliar) kombinasi posisi yang mugkin ada, walaupun seringkali hanya disebutkan mempunyai “jutaan” kemungkinan, yang disebabkan betapa besarnya angka-angka tersebut. Namun, meskipun mempunyai kemungkinan posisi yang teramat sangat banyak, rubik dapat diselesaikan dalam rata-rata 56 gerakan/putaran saja (dengan metode CFOP), bahkan bisa kurang dari angka tersebut.

Permainan ini mencapai puncak popularitasnya di awal-awal tahun 1980-an, bahkan sempat dikatakan bahwa pada masa tersebut rata-rata setiap rumah di Amerika Serikat mempunyai sedikitnya satu buah permainan ini. Sampai detik ini diperkirakan telah lebih dari 100.000.000 kubus rubik terjual di seluruh dunia. Permainan ini diklaim dapat meningkatkan ketajaman kecerdasan visual spasial dan daya nalar, sehingga tak heran banyak orang kecanduan memainkannya.

Pertama kali dijual tahun 80-an, mainan yang awalnya bernama Magic Cube ini sangat diminati berbagai kalangan. Karena demikian populer nama mainan ini pun diganti Rubik’s Cube, sesuai nama penemunya “Emo Rubik”.

Kubik rubik ini begitu disukai orang dewasa sampai anak-anak karena sangat simpel, tapi sekaligus menantang dan membuat penasaran. Permainan ini juga betul-betul menguji kesabaran pemainnya. Tidak ada nilai yang diberikan bagi pemenang. Setiap orang bertanding melawan otak dan emosinya sendiri, kepuasan menyusun rubik menjadi sama seperti semula (atau setidaknya berhasil menyusun satu sisi warna), benar-benar memberi kepuasan para pemainnya.


Kompetisi Rubik’s Cube dilaksanakan pertama kali tahun 1981 di Hungaria. Tahun 1982 kejuaraan dunia permainan rubik dimulai, waktu itu pemenangnya adalah remaja 16 tahun asal Amerika Serikat, dengan catatan waktu sekitar 23 detik.

ARTIKEL TERKAIT:

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sejarah Permainan Rubik
Ditulis oleh Moeclazh Favian
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://moeclazh.blogspot.com/2013/12/sejarah-permainan-rubik.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi Informasi | Copyright of moeclazh.blogspot.com.