Sejarah Kamera Polaroid

Posted by Moeclazh Favian Sabtu, 28 September 2013 0 komentar

Ternyata kepraktisan yang dimiliki oleh kamera saku masih ditentang oleh seorang gadis kecil berusia lima tahun. Gadis tersebut bertanya pada ayahnya yang baru memotretnya, mengapa dia tidak dapat melihat hasil pemotretan sang ayah saat itu juga, pertanyaan itu terjadi pada tahun 1943 ketika sang ayah mengajaknya bertamasya bersama keluarga di Santa Fe Meksiko, dan ternyata pertanyaan anaknya yang asal “ngomong” itu membuat sang ayah Dr. Edwin Land berpikir keras, sehingga beliau berhasil dapat menciptakan foto langsung jadi pertama kalinya pada 27 Februari 1947. Kamera foto langsung jadi yang pertama diciptakan dinamakan Polaroid Land Model 95. Warna foto Polaroid pertama adalah sepia, cokelat kemerahan. Baru pada tahun 1950 lahir generasi film yang mampu menghasilkan warna foto hitam, Dr. Edwin Land terus melakukan penelitian dan percobaan serta pengembangan dengan penuh kesabaran dan liku-liku yang melelahkan. Baru pada tahun 1963 foto warna Polaroid baru tercipta.

Walaupun sukses yang diperolehnya itu masih belum memuaskan hati Dr. Edwin Land, maka pada tahun 1967 didirikan pabrik baru guna mengembangkan proyek evolusi pembaruan pada sistem fotografi langsung jadi itu, akhirnya pada tahun 1972 Dr. Edwin Land berhasil menemukan sistem Polaroid SX-70. Sukses SX-70 merupakan penemuan impian Dr. Edwin Land setelah melewati hampir 30 tahun. 

Sistem langsung jadi yang diciptakan Dr. Edwin Land ini bukan hanya sekedar evolusi melainkan revolusi dengan sepenuhnya membebaskan pemotret dari segala kewajiban yang “mengikat” karena setelah satu kontak film dimasukkan ke dalam kamera, selanjutnya semuanya bekerja secara otomatis, mulai dari pencahayaan, penajaman gambar, sampai penyelesainnya. Hanya dalam waktu 60 detik sejak tombol rana ditekan, foto hasil pemotretan yang keluar sendiri dari dalam kamera, secara berangsur-angsur timbul gambar.

ARTIKEL TERKAIT:

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sejarah Kamera Polaroid
Ditulis oleh Moeclazh Favian
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://moeclazh.blogspot.com/2013/09/kamera-polaroid-ternyata-kepraktisan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi Informasi | Copyright of moeclazh.blogspot.com.