Galasin (Gobak Sodor)

Posted by Moeclazh Favian Sabtu, 28 September 2013 0 komentar

Galasin atau gobak sodor juga disebut dengan galah asin. Galasin merupakan salah satu jenis permainan daerah di Indonesia. Permainan ini dilakukan oleh dua regu yang tiap-tiap regu terdiri atas enam orang atau lebih. Satu regu berperan sebagai penjaga, sementara regu lainnya berperan sebagai regu lawan. Permainan galasin adalah menghadang atau melakakukan penjagaan terhadap lawan.
Hal ini dilakukan agar lawan tidak dapat melewati garis hingga baris terakhir secara bolak-balik. Regu yang dinyatakan sebagai pemenang adalah regu yang anggotanya secara lengkap dapat melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan.

Permainan ini biasa dimainkan di lapangan dengan garis batas menggunakan kapur. Lapangan berbentuk segi empat dengan ukuran 9x4 m dan dibagi menjadi enam bagian. Anggota regu yang berperan sebagai penjaga melakukan penjagaan secara horizontal dan vertikal. Selama berlangsungnya permainan, salah satu kaki penjaga harus menginjak garis batas jaga, dengan demikian penjaga tidak dapat bergerak bebas dalam menghalangi lawan. Anggota yang bertugas menjaga garis batas horizontal akan melakukan penghadangan terhadap lawan yang berusaha melewati garis batas tersebut. Sementara itu, anggota regu yang bertugas menjaga garis vertrikal (umumnya hanya satu orang) memiliki akses untuk menjaga keseluruhan garis batas vertikal di tengah lapangan. 

Jika seorang pemain regu yang menyerang tersentuh oleh penjaga maka permainan berganti dari regu penjaga menjadi regu penyerang, sementara itu regu penyerang jika salah pemainnya mampu melewati garis batas penjagaan dari awal hungga akhir maka dinyatakan sebagai pemenang.

ARTIKEL TERKAIT:

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Galasin (Gobak Sodor)
Ditulis oleh Moeclazh Favian
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://moeclazh.blogspot.com/2013/09/galasingobak-sodor-galasin-atau-gobak.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi Informasi | Copyright of moeclazh.blogspot.com.