Egrang

Posted by Moeclazh Favian Sabtu, 28 September 2013 0 komentar

Egrang adalah permainan tradisional di Indonesia yang belum diketahui secara pasti dari mana asalnya, tetapi dapat dijumpai di berbagai daerah dengan nama berbeda-beda. Di Sumatra Barat permainan ini dikenal dengan nama ‘tengkak-tengkak’ yang berarti pincang-pincang, di Bengkulu permainan ini biasa disebut ‘ingkau’ yang berarti sepatu bambu, di Jawa Tengah permainan ini dikenal dengan nama ‘jangkungan’, dan di Banjar Kalimatan Selatan permainan ini disebut ‘batungkau’. Egrang sendiri berasal dari bahasa Lampung yang berarti terompah pancung yang terbuat dari bambu bulat panjang. 

Egrang merupakan sebuah permainan yang memanfaatkan galah atau tongkat untuk berdiri dan berjalan di atas permukaan tanah. Egrang telah berkembang selama ratusan tahun yang lampau. Bahan yang biasa dipakai sebagai egrang adalah bambu atau kayu. Tongkat egrang biasanya dilengkapi dengan tangga sebagai tempat berdiri atau tali pengikat, tempat ini bertujuan untuk meletakkan kaki selama berjalan dengan egrang. 

Seseorang yang menggunakan egrang perlu proses belajar karena memerlukan keseimbangan. Ketika keseimbangan badan tidak tercapai, seseorang akan terjatuh. Egrang dapat berbentuk pendek dan juga tinggi. Untuk menggunakan egrang seseorang harus berpijakan pada bilah bambu atau kayu kecil, kemudian kedua tangan berpegangan pada tongkat yang panjang, kaki mulai dilangkahkan secara perlahan seperti ketika seorang berjalan. Permainan ini menuntut unsur ketangkasan, kreativitas dan keseimbangan.

ARTIKEL TERKAIT:

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Egrang
Ditulis oleh Moeclazh Favian
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://moeclazh.blogspot.com/2013/09/egrang-egrang-adalah-permainan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi Informasi | Copyright of moeclazh.blogspot.com.