Bahasa Sanskerta

Posted by Moeclazh Favian Kamis, 03 Oktober 2013 0 komentar
Bahasa Sanskerta merupakan salah satu bahasa tertua di Nusantara yang sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Bukti paling tua yang menunjukkan keberadaan bahasa Sanskerta ini masih ada hingga sekarang. Bukti itu berupa prasasti-prasati yang ada di Kutai, Kalimantan Timur. Prasasti ini diperkirakan berasal dari abad ke-4 atau ke-5 Masehi. Karena kemunculan bahasa Sanskerta di Nusantara sudah sangat lama, tentunya banyak kata-kata dari bahasa ini yang diserap dalam bahasa-bahasa setempat.

Ada sekitar 800 kata berbahasa Indonesia yang merupakan serapan dari Sanskerta. Di antara kata-kata tersebut ada yang diserap langsung dari bahasa aslinya, ada pula yang diserap dari bahasa Jawa kuno. Kata-kata serapan dari bahasa Jawa sering digunakan sebagai bentukan kata-kata baru biasanya disebut dengan neologisme. Meski kelihatannya hanya sedikit, namun kata-kata ini frekuensinya cukup tinggi dan banyak yang masuk ke kosakata dasar.

Bahasa sanskerta merupakan salah satu bahasa Indo-Eropa yang memiliki sejarah panjang. Bahasa Sanskerta merupakan salah satu bahasa Indo-Eropa yang memiliki sejarah panjang. Bahasa Sanskerta adalah bahasa klasik dari India, sebuah bahasa liturgis dalam agama Hindu, Buddhisme, Jainisme dan salah satu dari 23 bahasa resmi India, bahasa ini juga disebut sebagai bahasa “dewata”. Ketika istilah bahasa Sanskerta muncul di India bahasa ini langsung dipandang sebagai bentuk bahasa yang halus dan berbudaya dalam etika berbicara. 

Pengetahuan akan bahasa Sanskerta ini dijadikan sebuah penanda kelas sosial di India. Bahasa Sanskerta berkembang menjadi banyak bahasa modern di anak benua India. Bahasa ini muncul dalam bentuk pra-klasik sebagai bahasa Weda. Bahasa Sanskerta sebagai bahasa terpelajar di India berada disamping bahasa Prakerta yang meerupakan bahasa rakyat, dan pada akhirnya berkembang menjadi bahasa Indo-Arya modern.

Khasanah sastra Sanskerta meliputi puisi yang memiliki sebuah tradisi yang kaya, drama dan juga teks-teks ilmiah, teknis, falsafi dan agamis. Hingga saat ini bahasa Sanskerta masih tetap dipakai secara luas sebagai bahasa seremonial pada upacara-upacara Hindu dalam bentuk stotra dan mantra. 

ARTIKEL TERKAIT:

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Bahasa Sanskerta
Ditulis oleh Moeclazh Favian
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://moeclazh.blogspot.com/2013/10/bahasa-sanskerta.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi Informasi | Copyright of moeclazh.blogspot.com.