Menumbuhkan Motivasi Belajar di Sekolah

Posted by Moeclazh Favian Jumat, 04 Oktober 2013 0 komentar

1.      Memberi Angka
Angka dalam hal ini adalah sebagai simbol dari nilai kegiatan belajarnya. Banyak siswa yang belajar yaitu untuk mencapai angka/nilai yang baik, sehingga siswa biasanya yang dikejar adalah nilai ulangan atau nilai pada raport angkanya baik-baik. Angka yang baik itu bagi para siswa merupakan motivasi yang sangat kuat, tetapi ada juga siswa belajar hanya ingin mengejar naik kelas saja. Oleh karena itu, langkah selanjutnya yang perlu ditempuh oleh guru adalah bagaimana cara memberikan angka dengan value yang terkandung di dalam setiap pengetahuan yang diajarkan kepada para siswa sehingga tidak sekedar kognitif saja tetapi juga keterampilan dan afeksinya.

2.      Saingan/Kompetisi
Saingan atau kompetisi dapat digunakan sebagai alat motivasi untuk mendorong belajar siswa. Persaingan individual maupun kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

3.      Ego-Involvement
Menumbuhkan kesadaran kepada siswa agar merasakan pentingnya tugas dan menerimanya sebagai tantangan sehingga bekerja keras dengan mempertaruhkan harga diri adalah sebagai salah satu bentuk motivasi yang cukup penting, begitu juga untuk siswa sebagai subjek belajar akan belajar dengan keras bias jadi karena harga dirinya.

4.      Memberi Ulangan
Para siswa akan menjadi giat belajar kalau mengetahui aka nada ulangan, oleh karena itu memberi ulangan juga merupakan sarana motivasi. Tetapi, yang harus diingat oleh guru yaitu jangan terlalu sering dalam member ulangan karena bisa membosankan bagi siswa.

5.      Pujian
Apabila ada siswa yang sukses menyelesaikan tugas dengan baik, perlu diberikan pujian. Pujian ini adalah bentuk reinforcement yang positif dan sekaligus merupakan motivasi yang baik. Dengan pujian yang tepat akan memupuk suasana yang menyenangkan dan mempertinggi gairah belajar siswa.

6.      Hukuman
    Hukuman sebagai reinforcement yang negatif, tetapi jika diberikan secara tepat dan bijak bisa menjadi alat motivasi, oleh karena itu guru perlu untuk memahami prinsip-prinsip dalam pemberian hukuman.

ARTIKEL TERKAIT:

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Menumbuhkan Motivasi Belajar di Sekolah
Ditulis oleh Moeclazh Favian
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://moeclazh.blogspot.com/2013/10/tips-menumbuhkan-motivasi-belajar-di.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi Informasi | Copyright of moeclazh.blogspot.com.