Buah Merah

Posted by Moeclazh Favian Sabtu, 19 Oktober 2013 0 komentar
Buah Merah adalah sejenis buah tradisional dari Papua. Oleh masyarakat Wamena, Papua, buah ini disebut kuansu. Nama ilmiahnya Pandanus Conoideus Lam karena tanaman Buah Merah termasuk tanaman keluarga pandan-pandanan dengan pohon menyerupai pandan, namun tinggi tanaman dapat mencapai 16 meter dengan tinggi batang bebas cabang sendiri setinggi 5-8 m yang diperkokoh akar-akar tunjang pada batang sebelah bawah.

Kultivar buah berbentuk lonjong dengan kuncup tertutup daun buah. Buah Merah sendiri panjang buahnya mencapai 55 cm, diameter 10-15 cm, dan bobot 2-3 kg. Warnanya saat matang berwarna merah marun terang, walau sebenarnya ada jenis tanaman ini yang berbuah berwarna coklat dan coklat kekuningan.

Bagi masyarakat di Wamena, Buah Merah disajikan untuk makanan pada pesta adat bakar batu. Namun, banyak pula yang memanfaatkannya sebagai obat. Secara tradisional, Buah Merah dari zaman dahulu secara turun temurun sudah dikonsumsi karena berkhasiat banyak dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti mencegah penyakit mata, cacingan, kulit, dan meningkatkan stamina.

Buah merah memiliki zat – zat aktif seperti betakaroten, tokoferol, dan sejumlah asam lemak esensial. Selain itu buah merah juga mengandung vitamin dan mineral esensial yang cukup lengkap. Di antaranya kalsium, fosfor, besi, vitamin B1, vitamin C, dan nialin. Kandungan energi cukup tinggi, mencapai 400 kalori / 100 gram daging buah.

Berikut ini beberapa pembahasan zat – zat yang terkandung :
·      Senyawa antioksidan
Senyawa antioksidan buah merah tergolong tinggi. Lihat saja, dari 12.000 ppm total karotenoid, sebanyak 700 ppm di antaranya berupa betakaroten. Sedangkan tokoferol mencapai 11.000 ppm. Dengan begitu buah merah memiliki efek antikanker yang kuat.

·      Betakaroten
Betakaroten berfungsi memperlambat berlangsungnya penumpukan flek pada arteri sehingga aliran darah, baik ke jantung maupun ke otak, bisa berlangsung lancar, tanpa sumbatan. Ia juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh karena interaksi vitamin A dengan protein (asam –asam) amino yang berperan dalam pembentukan antibodi.

·      Tokoferol
Tokoferol menurunkan kadar LDL kolesterol dan meningkatkan kadar HDL kolesterol, dan juga dapat membantu hati memproduksi asam, asam empedu dan hormon-hormon penting.

·      Asam lemak
Asam lemak dalam buah merah juga merupakan antibiotik dan antivirus alami yang kuat. Mereka aktif melemahkan dan meluruhkan membran lipida virus serta mematikannya, serta efektif menghambat dan membunuh beragam strain virus, termasuk virus hepatitis yang merusak sel hati., ia juga terbukti menghambat dan membunuh sel-sel tumor aktif.

Manfaat buah merah antara lain:
1. Menyembuhkan AIDS
Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit AIDS dapat membunuh secara perlahan. Sudah banyak sekali ilmuan dan dokter yang melakukan penelitian untuk menyembukan penyakit ini. Tapi yang perlu anda tahu bahwa manfaat buah merah yakni dapat menyembuhkan penyakit AIDS. Buah merah mengandung tokoferol dan betakaroten tinggi yang dapat membantu menyembuhkan aids. Tokoferol dan betakaroten ini akhirnya berkombinasi untuk memecah asam amino yang dibutuhkan oleh virus penyebab AIDS, HIV, sehingga virus tersebut tak dapat melangsungkan hidupnya.

2. Mengatasi asam urat
Asam urat terjadi karena adanya gangguan pada lever dan akhirnya lever mengeluarkan zat yang bernama asam urat. Tokoferol yang terdapat dalam buah merah menjadikan manfaat buah merah dapat mengencerkan asam urat dalam darah dan memperbaiki kerja lever.

3. Stroke dan darah tinggi
Penyakit stroke terjadi akibat terjadinya penyempitan dan pembekuan pada pembuluh darah. Penyebab dari stroke biasanya terjadi akibat tekanan darah tinggi. Penyakit stroke ini dapat menyebabkan kelumpuhan dan bahkan sampai terjadi kematian. Penyakit stroke terjadi akibat jantung tidak mampu memompa darah. Kandungan tokoferol didalam buah merah dapat melancarkan dan mengencerkan pembuluh darah sehingga kandungan okasigen didalam darah tercukupi.

4. Osteoporosis
Osteoporosis terjadi akibat adanya pengeroposan tulang. Osteoporosis biasanya dialami oleh lanjut usia karena kekurangan kalsium. Buah merah mengandung kalsium  sehingga dapat mencegah osteoporosis. Dalam 100 gram buah merah segar terkandung 54.000 miligram kalsium.

5. Mencegah kanker
Seperti yang kita ketahui bahwa kanker merupakan penyebab kematian yang utama. Kanker disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon sehingga menyebabkan tumbuhnya daging yang abnormal pada tubuh.

ARTIKEL TERKAIT:

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Buah Merah
Ditulis oleh Moeclazh Favian
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://moeclazh.blogspot.com/2013/10/buah-merah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi Informasi | Copyright of moeclazh.blogspot.com.