Adab Menyambut Kelahiran Anak

Posted by Moeclazh Favian Rabu, 06 November 2013 2 komentar

Kehadiran anak merupakan dambaan bagi setiap orang tua. Bahkan bagi sebagian besar orang hidup belum terasa lengkap bila belum hadir anak-anak di tengah mereka. Anak sebagai karunia Ilahi sangat besar artinya. Namun demikian, Allah SWT mengingatkan kita agar senantiasa berhati-hati dengan kehadiran mereka, sehingga tidak menimbulkan fitnah bagi keluarga maupun agama.

Dalam kaitan ini Al-Qur’an menjelaskan, mereka yang dikaruniai banyak anak janganlah terlena. Begitupun yang belum, tidak bersikap putus asa. Semua hendaknya dijalani sekaligus disikapi sebagai kondisi terbaik yang Allah berikan kepada hamba-hambanya. Ditegaskan dalam Al-Qur’anul Karim “Dan ketahuilah, hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan” (QS. Al-Anfaal:28).

Lebih lanjut dikatakan bahwa harta dan anak-anak bukan menjadi sebab seseorang bertambah dekat kepada Allah, “Dan sekali-kali bukanlah harta dan bukan (pula) anak-anak kamu yang mendekatkan kamu kepada kami sedikitpun”. (QS. Saba’:37). Bagaimana mensyukuri kehadiran anak agar Allah SWT memberi berkah atas kehadirannya, berikut adabnya:

1.   Disunnahkan mengumandangkan adzan pada telinga bayi sebelah kanan ketika baru lahir. Dan iqamat pada telinga kirinya. (HR. Tirmidzi, Abu Dawud).

2.      Setiap kelahiran anak dusunnahkan agar disertai aqiqah, yaitu penyembelihan kambing. (HR. Bukhari). Aqiqah bagi anak laki-laki yaitu dua ekor kambing yang telah cukup umur, dan bagi anak perempuan satu ekor kambing. (HR. Tirmidzi dan Nasa’i).

3.    Pada hari aqiqah disunnahkan untuk menyuapkan kurma yang telah dikunyah hingga halus kepada bayi, lalu memohonkan berkah (kepada Allah) untuk bayi tersebut. (HR. Muslim).

4.    Disunnahkan mencukur rambut bayi pada hari ketujuh, sekaligus memberikan nama yang baik bagi si bayi. (HR. Abu Dawud, Nasa’i dan Tirmidzi).

5.   Setelah mencukur rambut si bayi hendaknya bersedekah, seberat rambut tersebut dengan harga perak. (HR. Tirmidzi).

ARTIKEL TERKAIT:

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Adab Menyambut Kelahiran Anak
Ditulis oleh Moeclazh Favian
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://moeclazh.blogspot.com/2013/11/adab-menyambut-kelahiran-anak.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 komentar:

Sunartas mengatakan...

referensi nya ada gan ?

http://monster-int.blogspot.com/

Moeclazh Favian mengatakan...

ada bang ;)

Posting Komentar

Berbagi Informasi | Copyright of moeclazh.blogspot.com.