Adab Memperlakukan Rumah

Posted by Moeclazh Favian Sabtu, 16 November 2013 0 komentar

Rumah adalah tempat berkumpul anggota keluarga. Berkaitan dengan rumah, Rasulullah SAW telah mencotohkan dan memberikan tuntunan bagaimana seharusnya memperlakukan dan beraktivitas di dalamnya.
1.        Bersyukur Memiliki Rumah
Rumah dalam Islam merupakan sebuah karunia dan kehormatan, karena itulah orang yang memiliki rumah harus banyak bersyukur. Allah berfirman: “Mereka bertanya kepadamu tentang bulan sabit. Katakanlah: “Waktu bagi manusia dan (bagi ibadah haji); Dan bukanlah kebajikan memasuki rumah-rumah dari belakangnya, akan tetapi kebajikan itu ialah kewajiban orang-orang bertakwa. Dan masuklah ke rumah-rumah itu dari pintu-pintunya, dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.” (Al-Baqarah [2]: 189).

2.        Berdoa Saat Keluar Rumah
Dianjurkan membaca doa sebelum keluar rumah: “Dengan menyebut nama Allah, aku berserah diri kepada Allah dan tiada daya dan upaya kecuali seizin Allah”. (Riwayat Tirmidzi).

3.        Berdoa Saat Masuk Rumah
Dianjurkan berdoa saat masuk rumah: “Dengan menyebut nama Allah kami memasuki rumah, dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah kami berserah diri.” (Riwayat Tirmidzi). Dilanjutkan dengan menucapkan salam.

4.        Tidak Bermegah-megahan dalam Membangun Rumah
Rasulullah SAW bersabda, “Hari kiamat tidak akan terjadi sampai manusia bermegah-megahan dalam membangun.” (Riwayat Bukhari). Tapi dianjurkan membangun rumah yang luas, sebagaimana sabda Nabi SAW, “Kebahagiaan seseorang pada rumah yang luas, tetangga yang sholeh, dan kendaraan yang menyenangkan.” (Riwayat Akhmad).

5.        Sering Dipakai Shalat Sunnah dan Membaca Al-Qur’an
Rasulullah SAW bersabda, “Jadikanlah sebagian dari shalat kamu (shalat sunnah) di rumahmu dan janganlah menjadikannya sebagai kuburan.” (Riwayat Bukhari dan Muslim).

6.        Tidak Memasukkan dan Memelihara Anjing di Rumah
Hal ini karena dalam banyak Hadits disebutkan, malaikat tidak memasuki rumah yang ada anjingnya. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang memelihara anjing selain anjing penjaga sawah, anjing penjaga kambing, atau anjing pemburu, maka pahalanya akan dikurangi setiap harinya sebanyak dua Qirath (seukuran gunung Uhud).” (Riwayat Bukhari).

7.        Mematikan Lampu dan Tidak Membiarkan Api Menyala
Rasulullah SAW bersabda, “Tutuplah pintu, baringkanlah botol tempat minumanmu, baliklah bejanamu, padamkanlah lampu, sesungguhnya setan tidak membuka yang tertutup, tidak menempati tempat minum (yang dibaringkan), dan tidak pula membuka bejana (yang dibalik). Sesungguhnya binatang kecil yang nakal (tikus) bisa menyebabkan kebakaran pada rumah seseorang.” (Riwayat Abu Daud). Demikian pula beliau mengingatkan, “Sesungguhnya api ini adalah musuh bagimu, maka jika kalian tidur padamkanlah api tersebut dari rumahmu.” (Riwayat Tirmidzi).

ARTIKEL TERKAIT:

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Adab Memperlakukan Rumah
Ditulis oleh Moeclazh Favian
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://moeclazh.blogspot.com/2013/11/rumah-adalahtempat-berkumpul-anggota.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi Informasi | Copyright of moeclazh.blogspot.com.