Pantai Lombang

Posted by Moeclazh Favian Sabtu, 09 November 2013 0 komentar


Pantai Lombang adalah salah satu pantai yang terletak di kabupaten Sumenep, Madura. Pantai ini tepatnya terletak di sebelah timur Sumenep, kira-kira 25km dari kota Sumenep tepatnya di kecamatan batang-batang. Pantai lombang merupakan salah satu wisata alam unggulan di bumi sumekar. Di pantai ini, selain deburan ombak yang cukup tenang dan pasir putih yang sangat halus, para pengunjung juga akan disuguhi dengan rimbunnya pohon cemara udang yang berjajar mengikuti garis bibir pantai. Dalam pelafalan Madura pantai Lombang disebut ‘lombheng’, Sejak jaman Belanda pantai lombang sudah dikenal sebagai lokasi wisata.

Di pantai Lombang juga terdapat pohon cemara udang yang merupakan tumbuhan endemi pantai ini. Cemara udang memiliki tinggi sekitar 4 meter di atas tanah, namun tidak seperti cemara pada umumnya yang tegak, pada cemara udang membungkuk sehingga nampak seperti udang. Ditengah kondisi cuaca di pulau Madura yang terkenal panas, berlindung dibawah rerimbunan daun pohon cemara ini dapat sedikit menghela cuaca panas tersebut.

Banyak cerita tentang cemara udang, konon pohon cemara udang ini hanya tumbuh di Pantai lombang dan beberapa pantai di perairan laut Tiongkok. Dan pohon cemara udang yang ada di pantai Lombang berasal dari daratan tiongkok. Menurut sejumlah kisah keberadaan cemara udang erat kaitanya dengan ekspedisi besar kekaisaran negeri Tiongkok pada abad 15, di perairan nusantara.

Salah satu kelebihan pantai Lombang adalah pantai ini masih sangat alami karena di pantai ini tidak ada satu pun bangunan yang dapat merusak pemandangan. Bahkan, disekitar pantai pun tidak ada hotel. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelestarian dan kealamian pantai lombang. Pantai lombang juga mempunyai kelebihan dan nilai plus yaitu pohon cemara udang yang banyak hidup di pantai Lombang, karena struktur tanah dan pasir pantai ini berbeda dengan kebanyakan pantai di Indonesia bahkan Asia. Pasir pantai Lombang ini sangatlah murni karena selain berfungsi sebagai penyuburan tanah untuk keindahan pantai dan pohon cemara pantai lombang, pantai ini juga berfungsi sebagai penelitian mahasiswa, mata pencaharian penduduk, percobaan manasik haji, dan untuk penimbunan pohon bonsai.

Selain itu keunggulan dari pantai lombang adalah pasirnya yang dapat di tambang dan di manfaatkan sebagai alat alternatif kesehatan. Tepatnya terletak sekitar ½ km dari pantai lombang kecamatan batang-batang. Penambangan pasir tersebut masih belum berpengaruh terhadap ekosistem yang ada disekitar pantai. Berbeda dengan pasir-pasir lainnya yang rusak akibat di tambang oleh para penambang pasir. Seperti contoh, yang terjadi pada penambangan pasir di Indonesia. Salah satunya adalah di provinsi kepulauan Riau. Kegiatan para penambang pasir tersebut telah mengeruk jutaan ton pasir setiap hari dan mengakibatkan kerusakan ekosistem pesisir pantai yang cukup parah. Namun hal itu tidak terjadi di pantai lombang. Walaupun para penambang pasir sering mengeruk jutaan pasir di pantai lombang, kondisi dan ekosistem pantai tetap tidak rusak.

Masyarakat sekitar saat ini sangat menjaga kelestarian pantai lombang. karena sebagian masyarakat menggunakan alas tidur dengan pasir putih yang mempunyai banyak manfaat, diantaranya digunakan untuk menurunkan tekanan darah dan digunakan juga sebagai pengganti kasur di saat istirahat. Selain itu, masyarakat memanfaatkan pasir sebagai pengobatan tradisional kesehatan. Diantaranya yaitu pengobatan reumatik dengan cara menimbun sebagian anggota tubuh yang sakit dengan pasir karena butir-butir pasir tersebut membantu memperlebar pembuluh darah sehingga peredaran darah menjadi lancar. Di dalam pasir tersebut juga terdapat kandungan garam yang yang tinggi sehingga tidak terdapat kuman didalamnya, dan kuman tidak gampang masuk dalam tubuh kita.

Disamping itu, pantai Lombang juga mempunyai banyak hiburan untuk anak-anak salah satunya adalah naik kuda dan naik Jhukong (perahu kecil). Naik Jhukong misalnya, dengan hanya membayar dua ribu rupiah kita sudah bisa berkeliling di sepanjang pantai Lombang. Sedangkan untuk naik kuda kita cukup membayar lima ribu rupiah.

ARTIKEL TERKAIT:

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pantai Lombang
Ditulis oleh Moeclazh Favian
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://moeclazh.blogspot.com/2013/11/pantai-lombang-sumenep.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi Informasi | Copyright of moeclazh.blogspot.com.